Liburan Berfaedah, Pastikan Kamu Memilih Salah Satu Dari Daftar Berikut

Liburan. (Ist.)
Liburan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Liburan semester merupakan masa yang dinanti para mahasiswa. Selain merupakan momen untuk rehat dari perkuliahan, masa liburan juga menjadi kesempatan untuk mengembangkan diri. Mengisi liburan memang jangan sampai salah langkah, baiknya liburan semester memang diisi dengan kegiatan berfaedah yang manfaatnya dapat dirasakan hingga lulus.

Banyak kegiatan berfaedah yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan semester ini. Menghabiskan liburan semester dengan aktivitas berfaedah akan membuat kita kaya akan pengalaman. Bila beruntung, uang saku juga bisa ikut bertambah.

BACA JUGA:

Inilah daftar kegiatan berfaedah yang dapat dipakai untuk mengisi liburan. Kamu pilih yang mana?

Internship

Melalui program internship atau magang ini kamu akan mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja sambil menyerap ilmu-ilmu yang tidak bisa kamu peroleh di kelas. Ada banyak program magang yang bertebaran di internet, salah satunya adalah program magang bersertifikat yang dilaksanakan oleh Kemendikbud.

Kursus

Bila kamu bercita-cita untuk melanjutkan kuliah atau langsung bekerja, tidak ada salahnya kamu mengikuti pelatihan atau training selama liburan semester. Kursus singkat ini merupakan kegiatan berfaedah yang bagus untuk menunjang karierm. Kursus ini dapat meningkatkan dan menambah softskill, misalnya kursus public speaking, bahasa Inggris, memasak, persiapan TOEFL atau IELTS, dan lain-lain.

Volunteer

Kegiatan berfaedah berikutnya untuk mengisi liburan semester adalah menjadi relawan atau volunteer. Ini bisa menjadi kegiatan positif dan juga produktif untuk mengisi waktu liburan. Banyak instansi berbagai bidang yang membuka kesempatan bagi kitauntuk bergabung menjadi relawan.

Menulis

Menulis merupakan sebuah keterampilan yang diajarkan sejak kecil setelah membaca. Dalam hal ini, menulis yang dimaksud adalah membuat berbagai macam tulisan yang sesuai dengan gaya dan minat, serta bakatmu. Kamu bisa menulie artikel, cerpen atau bahwa quote tentang kehidupan. Menulis merupakan kesempatan untuk memperkaya wawasan, karena dengan menulis kamu akan membaca. Tidak hanya itu, kamu bisa juga melatih imajinasi. Cukup berfaeda untuk menambah keterampilan baru, bukan?

Bisnis

Liburan biasanya identik dengan kegiatan menghabiskan uang. Bahkan tidak jarang uang saku kita dikurangi karena kita sedang libur kuliah. Uh, sedih! Nah, berbisnis merupakan salah satu kegiatan berfaedah yang dapat kamu pilih untuk menambah uang sakumu. Kamu bisa memulai dengan cara memikirkan ide bisnis, jenis bisnis, melakukan riset pasar, dan juga menyusun perencanaa bisnis.

Mengikuti proyek penelitian dosen

Dosen yang melakukan penelitian atau pengabdian masyarakat biasanya membutuhkan asisten untuk membantu memberikan perlakukan pada objek penelitian atau mengumpulkan data dari responden. Kamu bisa ikut sambil belajar melakukan penelitian. Berfaedah sekali, kan.

Itulah beberapa ide mengisi liburan dengan kegiatan berfaedah. Kamu pilih yang mana?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*