Kumpulkan Prestasi Saat Masih SMA, Begini Kisah Inspiratif Ferdi dan Nella Dapatkan KIP Kuliah

Penerima Program KIP Kuliah, Daniella Stefany dan Ferdiansyah Adrianto
Penerima Program KIP Kuliah, Daniella Stefany dan Ferdiansyah Adrianto (KalderaNews/Dok. Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

SURAKARTA, KalderaNews.com – Latar belakang ekonomi kekuarga yang kurang mampu tak membuat pupus Ferdiansyah Adrianto dan Daniella Stefany untuk kuliah lanjut dan menggapai masa depan.

Ferdiansyah Adrianto, putra kelahiran Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berlatar belakang sebagai anak yatim dan ekonomi yang kurang mampu tahu sejak SMA kalau ada yang namanya KIP Kuliah.

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), ia terus mencari informasi tentang KIP Kuliah melalui internet dan mengumpulkan syarat-syaratnya. Siswa berprestasi SMA Negeri 1 Sumbawa Besar ini pun optimis mendapatkan karena prestasinya dari lomba-lomba yang diikuti selama ini.

BACA JUGA:

“Salah satu persyaratannya adalah melampirkan beberapa prestasi selama di SMA, dan kebetulan saya juga memiliki beberapa prestasi seperti juara dua tingkat regional lomba vlog,” ujar Ferdi seperti dikutip situs resmi Kemendikbud.

Untungnya, guru dan pihak sekolah juga membantu Ferdi agar bisa berkuliah tanpa biaya. Setelah mengumpulkan berkas-berkas persyaratan dan mengikuti prosedur lainnya, akhirnya Ferdi berhasil mendapatkan beasiswa afirmasi KIP Kuliah di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah.

“Dengan adanya KIP kuliah, saya merasa sangat terbantu dan bermanfaat sekali dalam hal pembiayaan kuliah maupun biaya hidup sebagai anak rantau,” jelas Ferdi.

Ferdi lantas mengajak adik-adik yang ingin mendapatkan KIP Kuliah agar mempersiapkan diri dari sejak SMA dan jangan di akhir-akhir SMA.

“Adik-adik bisa menggali informasi KIP Kuliah melalui internet atau orang sekitar yang kompeten dan berpengalaman. Jangan malu bertanya kepada mereka,” kata Ferdi.

Sementara itu, Daniella Stefany, mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah mendapatkan informasi KIP Kuliah dari guru di sekolahnya.

Alumni SMA Negeri 8 Malinau, Kalimantan Utara itu yang dari latar belakang ekonomi kurang mampu juga mengajak adik-adik yang masih duduk di bangku SMA/SMK untuk optimis bisa meraih kesempatan yang sama.

“Ayo kumpulkan prestasi sebanyak mungkin dari sekarang, jangan malu untuk ikut lomba apapun baik dari akademik maupun non akademik karena bisa membawa kita untuk lebih mudah mendapatkan KIP Kuliah,” pesan Nella.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*