Ingin Sukses Seperti Elon Musk? Ternyata Ini Rahasia Berpikir Inovatif

Elon Musk. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Baru-baru ini Elon Musk namanya kembali menjadi bahan berita banyak media saat bertemu dengan beberapa pejabat pemerintah Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo. Sebelumnya Elon Musk dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia menyalip posisi puncak terkaya yang di dunia yang selama ini dipegang oleh Bill Gates, pendiri Microsoft, dan Jeff Bezos sebagai CEO Amazon.

Pencapaian Elon Musk ini dapat dikatakan luar biasa karena mengalahkan dua orang hebat tersebut. Elon Musk disebut sebagai seorang expert generalist, yakni orang yang memahami berbagai bidang dan juga memahami prinsip-prinsip dasar yang menghubungkan bidang-bidang tersebut.

BACA JUGA:

Ternyata begini rahasia Elon Musk untuk selalu dapat berpikir inovatif dan menjadi expert generalist. Bila kamu ingin menjadi orang yang selalu mempunyai inovasi, simak triknya ini.

  1. Mempelajari beragam bidang ilmu. Sejak kecil Elon Musk sudah rajin membaca buku dengan beragam topik bahkan dia bisa membaca hingga dua buku per hari. Hal ini membuat dia mempunyai banyak wawasan di berbagai bidang ilmu.
  2. Menggunakan cara berpikir first principle. Cara berpikir first principle adalah cara berpikir yang menuntut kita untuk mencari hal-hal yang paling mendasar dari fenomena yang kita alami sehari-hari. Bukan hanya menerima sesuatu yang umum dan wajar, tetapi mencari pengetahuan dan menggalinya lebih dalam.
  3. Memiliki kemampuan transfer of learning. Kemampuan transfer of learning merupakan kemampuan untuk menerapkan sebuah gagasan ke dalam hal lain, baik menerapkan teori ke dalam kehidupan sehari-hari ataupun menerapkan sebuah konsep pada ilmu tertentu untuk menyelesaikan masalah pada bidang ilmu lainnya.

Nah, hanya tiga itu resep mempunyai pola pikir inovatif seperti Elon Musk. Tertarik menjadi seorang expert generalist juga seperti CEO Tesla ini?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*