5 Juli Hari Bank Indonesia, Memperingati HUT Bank yang Pertama Kali Didirikan Pemerintah Indonesia

Hari Bank di Indonesia. (Ist.)
Hari Bank di Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia. Tapi ini berbeda dengan HUT Bank Indonesia (BI). Peringatan 5 Juli sebagai Hari Bank Indonesia terkait dengan riwayat Bank Nasional Indonesia (BNI) sejak 5 Juli 1946.

Karena, BNI adalah bank pertama yang didirikan pemerintah Republik Indonesia setelah kemerdekaan, yakni berdasarkan undang-undang darurat tertanggal 5 Juli 1946.

Sedangkan Bank Indonesia (BI) baru disahkan menjadi bank sentral oleh pemerintah RI melalui undang-undang pada 1 Juli 1953.

BACA JUGA:

Sejarah Hari Bank Indonesia

Ketika Belanda berhasil membuka lagi De Javasche Bank, pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan undang-undang darurat tentang berdirinya Bank Negara Indonesia (BNI) pada 5 Juli 1946.

BNI pun menjadi bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Tanggal lahir itu lantas ditetapkan dan diperingati sebagai Hari Bank Indonesi.

BNI juga merupakan bank pertama yang mengedarkan alat pembayaran pertama kali ciptaan pemerintah Indonesia, yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI) pada 30 Oktober 1946.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*