Menjadi Anggota Organisasi di Sekolah dan Kampus, Begini Panduannya

Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah dan kampus merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri lebih baik lagi. Selain harus mencapai prestasi yang baik melalui pembelajaran di kelas, ada banyak kegiatan di sekolah atau kampus yang bisa diikuti. Salah satunya adalah menjadi anggota organisasi.

Bergabung sebagai anggota organisasi dapat memberikan banyak keuntungan bagi kita. Salah satunya adalah mengembangkan diri. Namun, dalam bergabung dan menjadi anggota organisasi, kita harus paham apa yang boleh dan yang tidak boleh dikerjakan. Inilah panduan yang harus diperhatikan dalam menjalankan organisasi di sekolah dan kampus.

BACA JUGA:

Yang tidak boleh dilakukan

  • Mengadakan rapat secara mendadak. Baru memberikan info jadwal rapat H-1 atau hari H bisa membuat anggota organisasi sedikit yang datang. Entah malas karena terlalu mendadak atau berbenturan dengan acara lain. Kita harus paham bahwa anggota organisasi juga punya kepentingan lain.
  • Tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Jangan sampai melakukan ini. Menghilang tanpa konfirmasi ke anggota organisasi yang lain hanya akan membuat jalannya organisasi tersendat.
  • Mengerjakan tugas ngaret  dari deadline. Di dalam organiassi, bila kita mengerjakan tugas bagian kita secara ngaret dapat membuat program kerja tidak berjalan dengan baik. Satu pekerjaan bisa berkaitan dengan bagian orang lain.
  • Hobi cari muka tetapi tidak mau kerja. Saat rapat bisa terlihat sangat aktif dan niat, tetapi saat waktunya bekerja, bisa ditinggalkan begitu saja.
  • Hubungan transaksional. Menjalankan organisasi hanya sebatas program kerja akan membuat rasa hambar dalam organisasi.

Yang harus dan boleh dilakukan

  • Umumkan pemberitahuan rapat paling mepet H-2. Kalau sempat bisa disampaikan di grup sejak 3-4 hari sebelumnya. Akan lebih baik lagi bila kamu telah mempunyai jadwal rapat mingguan yang telah ditetapkan sebelumnya. Kecuali hal yang sangat urgent, sebisa mungkin hindari rapat mendadak.
  • Kalau memang lagi benar-benar tidak bisa mengerjakan tugasmu, infokan pada teman satu divisi. Siapa tahu mereka akan bisa bantu kamu untuk back up pekerjaanmu atau deadline jadi diundur. Intinya, usahakan untuk selalu berkomunikasi dengan teman satu organisasi.
  • Selesaikan pekerjaan sebelum deadline. Membuat perencanaan waktu dengan baik diperlukan agar kamu dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu tenggat agar tidak menghambat bagian lain.
  • Tampil dengan kosekuen. Tidak masalah bisa kamu ingin terlihat menonjol dan aktif di antara anggota lain. Yang penting kamu tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu, menjadi terlalu dominan juga kurang baik. Berikan ruang agar temanmu bisa berpendapat. Kolaborasi adalah kunci keberhasilan bersama.
  • Bonding dan seru. Sempatkan membuat main games bareng atau jalan-jalan ke suatu tempat untuk membangun bonding yang lebih baik. Chemistry yang baik akan membuat divisimu bekerja lebih baik. Intinya buat organisasimu seperti keluargamu.

Itulah panduan yang dapat dilakukan ketika kamu bergabung menjadi sebuah anggota organisasi di sekolah atau kampus.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*