Dear Mahasiswa, Inilah Kebiasaan Kecil yang Bisa Membuat Kuliahmu Lancar

Ilustrasi: Mayoritas mahasiswa sudah ingin kembali belajar di kampus. (Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa belajar di kampus. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi mahasiswa memang tidak seperti zaman menjadi pelajar. Bila saat menjadi pelajar, kita kerap didorong oleh para guru kita, tidak demikian dengan masa kuliah. Dosen pengajar tidak akan memberikan dorongan seperti guru di SMA. Di perguruan tinggi diharapkan mahasiswa dapat aktif dan mandiri.

Kuliah pulang kuliah pulang saja akan membuat kehidupan sebagai mahasiswa membosankan. Tidak hanya itu, kesuksesan dan kelancaran kuliah tidak hanya bisa ditentukan melalui ujian. Ada banyak hal kecil nan sederhana yang bisa dilakukan untuk menunjang kesuksesan kita menjadi mahasiswa.

BACA JUGA:

Inilah beberapa kebiasaan kecil yang bisa membuat kuliah kita lancar.

Aktif berpendapat dan berdiskusi di kelas

Dengan kamu aktif berpendapat dan berdiskusi akan mempermudah kamu dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosen.

Berani bertanya

Jika ada yang kurang kamu pahami, beranilah untuk bertanya. Pastikan pertanyaanmu tidak terlalu mendasar agar dosen tidak mengira kamu tidak mengikuti perkuliahan dengan serius.

Sering berdiskusi dengan mahasiswa lain

Diskusi dengan mahasiswa lain akan membuatmu memiliki perspektif baru dan ilmu baru dari teman maupun dosen yang kamu ajak berdiskusi.

Membuat planning kegiatan kuliahmu

Buat planning atau perencanaan mengenai apa yang akan kamu kerjakan dan pelajari pada hari itu. Hal ini akan membuat waktumu tidak akan tersita dengan hanya melakukan kegiatan yang itu-itu saja.

Nah, hal-hal kecil tersebut bisa kita latih sedini mungkin. Dengan biasa melakukan hal-hal sederhana itu kita akan terbiasa melakukan hal baik.  




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*