4 Cara Cepat Membuat Judul Skripsi yang Bisa Bikin Cepat Wisuda

Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dilakukan setiap mahasiswa untuk bisa menyandang gelar sarjana. Namun, kerap kita tahu bahwa skripsi selalu meninggalkan banyak cerita dan kenangan. Judul skripsi merupakan awal perjuangan skripsi ini.

Judul skripsi merupakan awal dari perjuangan mengerjakan tugas akhir ini. Judul skripsi ini harus kita perjuangkan di hadapan dosen pembimbing. Inilah cara cepat membuat judul skripsi agar segera disetujui oleh dosen pembimbing agar kita cepat wisuda.

BACA JUGA:

  1. Menentukan topik sesuai dengan materi kuliah dosen yang paling dikuasai dan diminati. Bila kamu merasa menguasai materi dosen tentang prestasi siswa, untuk mahasiswa fakulta ilmu kependidikan misalnya, dan kamu merasa tertarik dengan topik tersebut, berarti judul skripi yang akan kamu buat nantinya berhubungan dengan prestasi siswa di kelas atau di sekolah.
  2. Mencari fenomena dan masalah berdasarkan topik yang diminati. Mencari fenomena bisa dilakukan juga dengan studi pendahuluan. Kalau kamu memakai tempat penelitian, datangi langsung lokasi tersebut dan gali informasi terkait masalah apa yang sedang terjadi berdasarkan rencana topik penelitianmu.
  3. Mencari artikel jurnal dengan topik yang sama dengan yang diteliti. Dari artikel jurnal tersebut juga nantinya kita akan mendapatkan gambaran terkait fenomena dan maslaah penelitiannya. Kemudian kita juga akan tahu susunan kalimat dari judul skripsi berdasarkan topikyang akan diteliti.
  4. Merangkai kalimat menjadi sebuah judul. Setelah kita tahu topik apa yang akan diteliti, permasalahannya apa dan artikel jurnalnya juga sudah dapat, selanjutnya adalah merangkai kata-kata pilihan menjadi judul skripsi.

Empat cara jitu di atas bisa kamu jadikan acuan untuk menyusun judul skripsi. Pastikan sebelum membuatnya kamu telah menemukan masalah penelitiannya terlebih dahulu. Karena judul skripsi harus berlatar belakang pada sebuah masalah terhadap fenomena yang sedang terjadi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*