Tip Ampuh Menghadapi Tempat Kerja Tidak Nyaman Tanpa Harus Resign

Ilustrasi. Hari Pertama Kerja Bagi Fresh Graduate (Dok.Pixabay.com)
Ilustrasi. Hari Pertama Kerja Bagi Fresh Graduate (Dok.Pixabay.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berada di tempat kerja yang tidak nyaman rasanya memang bak tinggal di dalam neraka. Bekerja yang seharusnya penuh dengan semangat dan kreativitas menjadi mudah jenuh karena tempat kerja tidak nyaman ini.

Penyebab tempat kerja tidak nyaman memang beragam. Bila ingin berpikir pendek, kalau bisa mungkin kita akan memilih untuk keluar kerja atau resign dan mencari tempat kerja lain. Namun, di zaman seperti ini, mendapatan tempat kerja yang ideal juga tidak semudah itu.

BACA JUGA:

Bila kamu berada dalam situasi  tempat kerja tidak nyaman seperti itu, inilah tip ampuh yang bisa dilakukan tanpa harus resign.

Jangan bawa urusan pekerjaan pulang

Bila kamu merasakan tempat kerja sekarang memang tidak asyik, jangan pernah membawa urusan terkait pekerjaan ke rumah. Hal ini hanya akan memperburuk mood kita sehari-hari. Usahakan tidak membahas urusan kantor atau memeriksa e-mail pekerjaan saat berada di rumah. Nikmati momen di rumah tanpa beban pekerjaan.

Cerita pada orang yang bisa dipercaya

Dalam satu tempat kerja yang buruk, pasti ada satu atau dua yang masih dapat kita percara. Pilihlah mereka yang bisa kamu ajak cerita atau diskusi mengenai hal ini. Selain pada mereka kamu juga bisa bercerita pada bestie atau keluarga, kakak atau orangtua misalnya.

Ambil sisi positif

Tetap lihat sisi positif dari tempat kerja yang tidak nyaman itu. Melihat hal negatife hanya akan melemahkan semangat kita. Meskipun penuh tekanan, jadikan pekerjaan sekarang adalah batu loncatan dan pengalaman untuk karier selanjutnya.

Hindari drama

Sebisa mungkin, hindarilah ikut campur dalam drama di kantor. Kita memang tidak dapat mengubah perilaku rekan kerja yang menyebalkan terhadap kita. Namun, menghindari drama yang ada adalah cara tepat menjaga kita tetap ‘waras’ di lingkungan kerja yang buruk. Selain itu, hal ini juga berguna untuk menjaga semangat kerja tetap baik.

Selesaikan masalah

Bila kamu terlanjur mempunyai masalah dengan rekan kerja toksis di tempat kerja, kemungkinan besar mereka tidak menyukaimu dan membuatmu tidak betah. Hadapi permasalahan ini dan selesaikan.

Bermaslaah dengan rekan kerja tentu dapat mengubah suasana di tempat kerja menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, usahakan untuk membicarakan masalah tersebut dengan rekan kerja lain yang tahu jalan keluarnya. Bila kamu merasa tidak ada masalah apa pun, tidak ada salahnya juga untuk bertanya pada mereka agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Berada di tempat kerja yang tidak nyaman memang tidak mudah. Tetap jaga semangat dan motivasimu sendiri dan bertahan hingga mendapatkan kesempatan yang lebih baik. Dan ingat, jangan lupa berdoa agar Tuhan berikan kesempatan yang lebih baik lagi bagi kariermu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*