Riset Bidang Peternakan, 2 Mahasiswa Indonesia Ngelmu ke Amerika

Sharing for Empowerment

Sementara itu, Dita Yulianingsih, yang saat ini tengah menyelesaikan studi masternya di bidang Animal Science di University of Maryland bercerita tentang riset yang saat ini sedang dikerjakan yakni studi prevalensi dari (bakteri) Salmonella Pullorum dan Gallinarum di unggas. Perhatian Staci tertuju pada tingginya tingkat kematian pada unggas muda akibat bakteri tersebut.

“Nantinya setelah saya mendapatkan isolat dari peternakan tersebut dan sudah dikonfirmasi untuk Pullorum dan Gallinarumnya, saya akan melakukan uji resistensi terhadap antibiotik terhadap dua bakteri tersebut dan nantinya kami akan mengembangkan pencegahan alternatif untuk penyakit Salmonella Pullorum dan Gallinarum,” terang Dita.

Ia menerangkan, tim penelitiannya mengembangkan bakteri Lactobacillus casei dan memberikannya pada Unggas lalu melihat perkembangan survival dan virulensi dari Salmonella Pullorum dan Gallinarum.

Dita yang saat itu didampingi oleh Carol L. Keefer, Director of Graduate Program, University of Maryland, College Park, mengatakan bahwa ada beberapa bidang riset yang dilakukan fakultasnya. Meliputi Genetics and Cell Biology, Nutrient Utilization and Metabolism, Pathobiology, And Infectious Diseases, Reproduction and Development, serta Animal and Wellbeing.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*