Dear Para Remaja, Ini Lho 5 Jenis Skincare Ampuh yang Harus Kamu Miliki

Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Memasuki masa remaja, akan banyak perubahan yang kita alami, salah satunya adalah perubahan fisik yang akan memengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, saat usia remaja kita juga harus mulai merawat kesehatan kulit.

Saat sudah mulai masuk ke dalam tahap perkembangan remaja, maka masa peralihan untuk anak laki-laki dan perempuan pun dimulai. Saat masa peralihan ini, akan terjadi perubahan fisik yang cukup signifikan pada tubuh kita termasuk bagian kulit. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan produksi hormone sejak usia 11 atau 12 tahun.

BACA JUGA:

Perubahan kondisi kulit yang umum terjadi pada remaja antara lain adalah mudah berkeringat, peningaktan produksi sebum atau minyak dan masalah jerawat yang membandel. Bisanya jerawat ini tidak hanya muncul di wajah, melainkan juga di dada, punggung, dan bahu.

Jerawat memang mengganggu, tetapi tidak semestinya kita jadi overthinking berlebihan terhadap kondisi yang ada. Yang terpenting adalah kita tetap merawat kulit agar kondisinya tetap baik. Jenis skincare buat remaja harus disesuaikan dengan kondisi kulit yakni kulit sensitif, kering, dan kusam. Jenis skincare yang ampuh untuk kulit para remaja adalah sebagai berikut:

  1. Pembersih wajah. Jenis skincare ini berfungsi untuk mempersihkan kulit dari kotoran, debu, dan juga minyak yang menumpuk. Proses pembersihan ini dilakukan pada pagi hari, setelh beraktivitas, dan sebelum tidur di malam hari. Pastikan jenis pembersih wajah yang dipakais sesuai dengan jenis kulit, ya.
  2. Pelembap. Ini dipakai setelah proses pembersihan. Berfungsi merawat sekaligus mencegah adanya massalah kulit. Pelembap yang sesuai dengan jenis kulita dapat memperbaiki tekstur kulit remaja yang bermasalah.
  3. Sunscreen. Saat kita beraktivitas di luar ruangan, mulai dari sekolah, dan lain-lain, kemungkinan besar kita akan terpapar sinar matahari secara langsung. Penggunaan sunscreen dapat mencegah kulit kusam hingga munculnya noda hitam di wajah atau flek pada kemudian hari.
  4. Obat jerawat. Jerawat menjadi masalah kulit yang lazim terjadi di usia remaja. Obat jerawat diperlukan agar jerawat menjadi lebih cepat kempes dan terkontrol. Sebaiknya konsultasi dengan dokter telebih dahulu untuk menyesuaikan obat jerawat yang aman dan sesuai. Penggunaan obat jerawat diperlukan agar jerawat lekas membaik. Hindari memencet jerawat, ya. Apapun alasannya. Karena ini bisa menimblkan bekas jerawat yang lebih sulit hilang bahkan radang.
  5. Skincare eksfoliasi. Menumpuknya sel kulit mati juga dapat menjadi penyebab kulit kita menjadi kusam. Tidak hanya itu, sel kulit mati yang didiamkan bisa menimbulkan masalah kulit lainnya seperti menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat. Eksfoliasi ini bisa dilakukan dengan scrub maupun exfoliating toner. Cukup dilakukan satu kali dalam sepekan agar kulit tidak tampak kusam.

Tidak ada yang instan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Bila kita mendapati skincare yang bisa membuat kulit seketika putih atau glowing kita patut curiga apakah mereka tidak menggunakan produk berbahaya. Nikmati prosesnya, jangan ingin segera kinclong yang bisa membawa bencana di kemudian hari.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*