Masuk SMA Tahun Ini? Lakukan 7 Hal Berikut Agar Tidak Menyesal

Sharing for Empowerment

Carilah teman sebanyak-banyaknya

SMA merupakan jenjang akhir dalam sekolah sebelum masuk ke perguruan tinggi. Tiga tahun terakhi ini harus dimanfaatkan untuk mencari teman lebih banyak sebelum sibuk dengan dunia kuliah yang lebih rumit. Jadi jangan habiskan waktu dengan bermusuhan atau membuat masalah dengan kakak kelas, sebaliknya carilah teman sebanyak-banyaknya dan jadikan mereka network di masa depan.

Aktif di organisasi sekolah

Aktif di organisasi sekolah seperti OSIS, klub basket, klub KIR, PMR, dan lain-lain akan melatih tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Pengalaman organisasi ini juga merupakan bekal yang berguna nanti saat kuliah dan bekerja.

Belajar sungguh-sungguh

Masa SMA bukan masa untuk santai-santai belajar. Sebalikanya, kita harus rajin belajar untuk bisa menentukan apakah kelak bisa masuk ke perguruan tinggi idaman atau tidak. Nantinya nilai rapor akan bisa menentukan, lho.

Gali dan asah bakat minatmu

Ini merupakan salah satu fungsi ekstrakurikuler, yakni untuk menggali dan mengasah minat dan bakat siswa menjadi sesuatu yang lebih berguna. Jangan kamu anggap sepele setiap bakat dari Tuhan. Ikuti ekstrakurikuler yang sesuai dan carilah sirkel yang mendukung bakatmu itu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*