Tahukah Kamu, Ada Tiga Provinsi Baru, Hasil Pemekaran Provinsi di Papua

Sharing for Empowerment

Suku Marind Anim yang menghuni wilayah Provinsi Papua Selatan terkenal pandai meracik makanan khas yang berasal dari sagu. Mereka juga memanfaatkan pohon sagu untuk membuat perahu dan sebagai bahan bangunan rumah.

Sebagai sumber makanan pokok dan komoditas unggulan, tak heran jika pohon sagu sangat dihormati dan dijaga oleh suku ini. Sedangkan Suku Asmat terkenal dengan hasil ukiran kayu yang unik.

Provinsi Papua Tengah

Provinsi ini memiliki nama adat Mee Pago dan beribu kota di Kabupaten Nabire.

Provinsi baru ini terdiri dari Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deyiai, Kabupaten Intan Jaya, serta Kabupaten Puncak.

Mayoritas suku yang mendiami Provinsi Papua Tengah adalah Mee. Selain itu adalah suku lain, yaitu Damal, Dani, Moni, dan Nduga. Suku Mee memiliki mata pencaharian utama bertani dan beternak.

Wilayah Mee Pago memiliki sejumlah komoditas unggulan, seperti kopi, ubi jalar, jeruk, peternakan babi, padi, gaharu, tembaga, dan batu bara.

Provinsi Papua Pegunungan

La Pago adalah nama adat dari Provinsi Papua Pegunungan. Kota Wamena di Kabupaten Jayawijaya merupakan ibu kota provinsi ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*