PTN Jawa Timur Ini Bantu FK UMSU Wujudkan Akreditasi Internasional

Gedung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Gedung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

MEDAN, KalderaNews.com – Fakultas Kedokteran UMSU menggelar lokakarya akreditasi Internasional, dan mengundang pakar mutu dari perguruan tinggi negeri dari Jawa Timur, yakni Universitas Airlangga, Surabaya.

Acara tersebut telah terlaksana pada Senin, 6 Juni 2022 di aula KH A Dahlan, Kampus FK UMSU Jalan Gedung Arca Medan.

Kegiatan lokakarya akreditasi internasional  tesebut membahas ASIIN (Akreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

BACA JUGA:

Acara lokakarya tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I UMSU Prof. Dr. Arifin Gultom M.Hum, pejabat penjaminan mutu FK-UNAIR Dr. dr. Maftuchah Rochmanti MKes dan Dekan Fakultas Kedokteran UMSU  dr. Siti Masliana Siregar, Sp. THT-KL(K).

FK-UMSU telah melakukan berbagai proses dan kegiatan-kegiatan internasional yang sedang dilakukan pihaknya.

Salah satunya adalah persiapan implementasi renstra tahap-4 FK UMSU dan adanya 4 mahasiswa FK-UMSU yang mengikuti MBKM melalui program kredit transfer di Sri Ramacandra University India, dan FK UMSU berkomitmen untuk masuk ke proses akreditasi ASIIN.

ASIIN (Akreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.

Masih terkait program internasionalisasi yang dilakukan UMSU, Arifin menyebut saat ini FK UMSU sedang menerima 6 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran dari China untuk belajar di UMSU.

Dr. dr.  Maftuchah Rohmanti MKes menjelaskan secara panjang lebar seputar proses akreditasi internasional yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Airlangga Surabaya. Pengalaman terpenting adalah proses akreditasi yang dilakukan asesor internasional.

Terkait dengan saran WR I UMSU, untuk tidak sembarang memilih lembaga akreditasi, Dr. dr, Maftuchah setuju untuk tidak sembarang memilih lembaga akreditasi internasional.

Untuk itu, disarankan agar lembaga akreditasi yang dipilih adalah yang sudah mendapat persetujuan dari Kemdikbudristek, salah satunya ya ASIIN tadi.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*