Gen Z Harus Paham, 6 Jurus Jitu Belajar Apapun dengan Cepat

fokus belajar, latihan konsentrasi, fokus konsentrasi
Cara konsentrasi belajar ada beberapa pendukungnya. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Usia muda sering membuat kita ingin bisa banyak hal dan ingin belajar banyak hal, bukan? Sebelum kita memikirkan hal baru apa yang akan kita pelajari, kita harus telah emmastikan bahwa cara belajar kita telah benar.

Dengan mengetahui cara belajar yang benar kita bisa mempelajari banyak hal dengan cara yang efektif dan efisien. Yuk, kita kulik jurus jitu mempelajari apapun dengan cepat.

BACA JUGA:

Membuat catatan dengan menulis

Mendengarkan materi saja kadang bisa membuat kita cepat lupa. Salah satu solusinya adalah dengan membuat catatan. Mencatat dengan laptop atau HP memang terkesan lebih mudah, tetapi sebuah penelitian membuktikan bahwa mencatat dengan kertas dan bullpen merupakan cara tercepat dan terbaik untuk menyerap pelajaran  yang baru.

Mengajari orang lain

Proses pembelajarn kita dapat dipercepat dengan cara mengajari orang lain. Jadi bila ada teman yang belum paham dan minta diajari, maka ajari saja dia, dan jangan takut salah. Kamu dan dia akan sama-sama belajar.

Sebentar tetapi sering

Otak kita hanya bisa fokus selama 30-50 menit sebelum membutuhkan istirahat. Setelah belajar selama 30-50 menit, cobalah istirahat selama 5-10 menit sebelum lanjut belajar lagi. Cara ini lebih efektif dibanding kamu terus-terusan belajar tanda jeda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*