Fresh Graduate Wajib Merapat! Panduan Wawancara Kerja Tanpa Grogi

ilustrasi: wawancara kerja (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Wawancara kerja kerap dianggap sebagai penentu dari diterimanya kita bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Meski terkesan sepele, wawancara kerja merupakan fase yang cukup penting.

Saat berhadapan dengan HRD, bisa jadi kita terbata-bata ngomong atau bahkan blank. Hal ini karena kita merasa grogi berhadapan dengan HRD. Saat nge-blank ini, yang terjadi pada kita adalah bingung mau jawab apa, menjawab pertanyaan dengan tergagap, atau bahkan bengong saja.

BACA JUGA:

Agar wawancara kerja lancar dan kita tidak merasa grogi, simak panduannya di sini.

  • Perbanyak latihan komunikasi sebelum wawancara kerja

Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan mentalitas saat bertemu dengan HRD. Ingat, saat wawancara kerja, mentalmu juga akan diuji oleh HRD.

  • Pahami dengan baik posisi pekerjaan yang kamu lamar

Biar makin lancar dan tidak grogi saat wawancara kerja, kamu harus bisa menunjukkan ke pihak HRD yang mewawancaraimu bahwa kamu paham dengan job description pekerjaan yang kamu lamar.

  • Berlatih wawancara atau mock interview

Kamu bisa berlatih wawancara dengan pertanyaan umum saat interview kerja misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan berikut: coba ceritakan tentang diri kamu, apa kelebihan dan kekuranganmu, apa rencana kamu lima tahun ke depan, dan kenapa tertaik melamar di posisi ini. Kamu bisa berlatih ini dengan teman atau keluarga yang bertindak sebagai perekrut. Lakukan latihan ini setidaknya tiga kali agar mentalmu lebih terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Wawancara kerja merupakan tahapan dari seleksi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sama seperti tahapan seleksi yang lain, wawancara kerja ini juga harus dipersiapkan dengan baik. Good luck!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*