Dear Pejuang Skripsi, Inilah 4 Hal Penting yang Harus Ada Dalam Abstrak

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perjuangan menuju lulus kuliah memang berliku. Bila kamu sudah sampai dengan membuat abstrak, baik skripsi maupun jurnal. Maka tinggal selangkah lagi menuju lulus. Membuat abstrak, meskipun tampaknya singkat, tetapi menuliskannya harus penuh perhatian.

Menuliskan abstrak seakan-akan gampang-gampang susah. Agar tidak kebingungan dalam abstrak skripsi adalah metode penelitian, hasil penelitian, latar belakang, dan tujuan penelian. Empat hal ini merupakan inti isi dari abstrak.

BACA JUGA:

Sedangkan untuk membuat abstrak yang baik dan benar serta sesuai dengan kaidah kepenulisan ilmiah harus memenuhi beberapa hal berikut:

  1. Terdiri dari 150-250 kata. Biasanya jumlah kata ini ditentukan sesuai dengan institusi masing-masing, baik kampus maupun lembaga jurnal.
  2. Memiliki spasi satu atau single.
  3. Menggunakan bahasa induk (bahasa Indonesia) atau bahasa asing (bahasa Inggris) sebagai bahasa global.
  4. Memiliki kata kunci yang terdiri dari 3-5 kata dan dipisah menggunakan tanda koma (,).
  5. Ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Hindari menulis abstrak secara bertele-tele. Pilih inti dari skripsi yang telah kamu susun.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat abstrak dari skripsi kita. Yuk, semangat, tinggal selangkah lagi lulus!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*