Dear Pejuang Skripsi, Begini Panduan Membuat Slide Presentasi untuk Sidang

ilustrasi: Sidang skripsi secara daring. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews,com – Menyusun skripsi memang penuh perjuangan. Kita harus selau ingat goal dalam menyusun skripsi sebelum kelulusan adalah sukses dalam sidang skripsi. Menghadapi sidang skripsi juga diperlukan kesiapan mental dan material. Kesiapan material berupa materi serta pendukung ynga harus dikuasai saat sidang. Sedangkan kesiapan mental adalah kesiapan psikis menghadapi sidang tersebut.

Bergulat dengan skripsi berbulan-bulan pasti akan membuat kita hafal dan sangat paham dengan materi yang akan dipresentasikan. Namun demikian, saat sidang skripsi tetap diperlukan slide presentasi yang dapat dijadikan alat bantu.

BACA JUGA:

Inilah panduan yang harus kamu pahami saat membuat slide presentasi sidang skripsi.

  1. Slide presentasi sidang skripsi jangan terlalu polos tetapi juga jangan terlalu ramai. Halaman yang terlalu ramai bisa menjadi distraksi dalam konten materi skripsi yang kamu bawakan.
  2. Jangan memasukkan terlalu banyak kalimat, cukup masukkan kata penting, gambar dan tabel atau diagram. Selebihnya kamu bisa menjelaskan sesuai dengan pehamanmu. Ingat, nanti kamu mempresentasikan skripsi, bukan membacanya di hadapan penguji.
  3. Desain yang dipilih sesuaikan dengan tema penelitian. Bila kamu membahas kinerja pegawai misalnya, pakailah desain yang menggambarkan tentang pegawai perusahaan, jangan mengambil desain pertanian.
  4. Tidak menggunakan animasi atau gambar yang tidak sesuai dengan topik penelitian. Hal ini akan mengganggu.
  5. Tidak menggunakan musik yang dapat mengganggun fokus para penguji.
  6. Tidak terlalu banyak halaman. Usahakan seminimal mungkin, dan sesuaikan dengan waktu presentasi yang disediakan.
  7. Berikan garis bawah, bold, atau highlight warna yang berbeda pada kata yang menjadi fokus pembahasan pada setiap slide atau kata penting.

Yang terpenting adalah kamu membuat sendiri slide presentasi sidang skripsimu dan menguasai betul apa yang kamu tulis dan akan disampaikan. Semoga sukses!

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*