Cekidot! Inilah 7 Jenis Makanan Rumahan untuk Menghilangkan Jerawat pada Remaja

superfood, makanan untuk otak, makanan sehat, diet sehat
Ilustrasi: Makanan sehat dan halal dapat menjaga kesehatan dan membantu kinerja otak tetap baik. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jerawat merupakan masalah yang sering mengganggu. Selain menyebabkan rasa tidak percaya diri, jerawat yang tidak ditangani dengan baik, kondisinya akan makin parah.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat, mulai dari obat medis dokter hingga pengobatan dan pencegahan yang bisa dilakukan di rumah. Tahukah kamu bahwa ada jenis makanan yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat?

BACA JUGA:

Inilah tujuh jenis makanan yang dapat membantumu menghilangkan jerawat. Cekidot!

Lemon

Lemon telah dikenal sebagai jenis makanan yang banyak manfaatnya. Air lemon dapat berfungsi sebagai astrigen alami dan dapat mengencangkan kulit dan menyamarkan noda, tetapi penggunaan air lemon langsung pada kulit tidak disarankan karena dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Khasiat air lemon yang hendak diminum atau bagian dari makanan bisa membantumu membasmi jerawat. Kandungan flavonoid pada kulit lemon bersifat anti-karsinogenik dan dapat melindungi kulit. Zat karsinogen dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Flavonoid ini disinyalir juga bisa membantu tubuh membasmi jerawat dari dalam.

Ubi

Ubi adalah makanan yang biasa dan dapat ditemui di sekitar kita. Ubi merupakan makanan yang kaya akan vitamin A yang bisa berkhasiat untuk kulit berjerawat. Vitamin A memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit seseorang. Sebagai contoh, krim wajah yang mengandung turunan vitamin A (retinol) dikenal akan keampuhannya  menghilangkan jerawat.

Turunan vitamin A, yang disebut isotretinoin, dapat bekerja mengurangi produksi minyak alami wajah atau sebum. Itu sebabnya konsumsi ubi yang kaya vitamin A dianggap berperan penting dalam mengobati jerawat.

Ikan salmon

Asam lemak Omega-3 yang terdapat di dalam ikan salmon baik untuk kulit berjerawat. Omega-3 merupakan asam lemak yang berperan penting dalam mengendalikan peradangan. Bila tubuh kekurangan omega-3, kita akan mengalami kulit kering, gatal, dan bersisik. Asam lemak omega-3 juga membantu melancarkan peredaran darah, sehingga pasokan darah menuju kulit pun terpenuhi dengan baik.

Meskipun tidak menghilangkan jerawat secara langsung, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan omega-3 melalui ikan salmon atau dalam bentuk suplemen.

Pepaya

Buah ini dikenal sebagai pelancar BAB, tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa papaya bisa dijadikan sebagai makanan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan enzim papain dan chymopapain pada papaya dipercaya dapat mengurangi peradangan .

Papain pelarut protein bisa dijumpai pada produk pengelupasan kulit. Produk tersebut membantu menghilangkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Buah beri

Golongan buah beri ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua senyawa ini sudah tidak lagi diragukan manfaatnya untuk membasmi masalah jerawat. Vitamin C termasuk jenis vitamin yang dapat menghambat NFkB, senyawa yang dapat memicu sitokin untuk peradangan. Oleh karen itu, vitamin C mempunyai ativitas anti-peradangan yang bisa digunakan pada kulit berjerawat.

Vitamin C pada buah beri juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah hiperpigmentasi setelah jerawat meradang.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang mudah kita jumpai. Sayuran ini mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan peradangan dan radikal bebas.

Bayam juga mengandung protein tinggi yang mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit dan membantu meningkatkan kilau alami. Hal ini juga menguranfi adanya garis-garis halus dan jerawat di kulit. Sebagai sumber zat besi, bayam juga meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu proses metabolisme.

Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. biji-bijian kaya serat ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Quinoa mengandung seng yang cukup tinggi dan mineral ini membantu mengobati jerawat dari dalam. Seng merupakan mineral makanan yang berkhasiat dalam kesehatan kulit, mengatur metabolism, dan kadar hormon.

Itulah tujuh jenis makanan di sekitar kita yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati jerawat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*