Sudah Mulai Kuliah PTM, Begini Panduan Mengatur Uang Saku Bagi Mahasiswa yang Tinggal di Kos

Ilustrasi: 9 tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sekarang telah berangsur surut dan bisa jadi sebentar lagi akan dinyatakan sebagai endemi. Hal ini berdampak pada banyak sektor yang mulai bangkit termasuk pendidikan.

Belajar secara daring yang banyakd ilakukan selama pandemi telah berangsur dilaksanakan secara luring. Alhasil, mahasiswa pun yang tadinya belajar dari rumah, sekarang kembali ke kos yang dekat dengan kampus agar mudah saat harus menghadiri kuliah PTM.

BACA JUGA:

Kembali ke kos berarti kembali pada kehidupan yang mandiri. Mahasiswa diharapkan mampu untuk mengatur keuangan selama di tempat kos agar tidak tekor pada saat akhir bulan sambil menanti kiriman dari orang tua.

Kondisi keuangan yang banyak terjadi di kalangan mahasiswa antara lain:

  • Susah untuk berhemat karena selalu tergoda dengan promo-promo di market place.
  • Sering tidak sadar bila uangmu tiba-tiba habis.
  • Besar pasak daripada tiang yang artinya pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Bila salah satu dari tiga masalah tersebut di atas masih kita alami, maka kita perlu melakukan tip-tip berikut:

Biasakan untuk mencatat cashflow

Mencatat setiap uang masuk dan uang keluar bulanan. Hal ini meliputi pengeluaran seperti bayar kos, uang makakn, laundry baju, ongkos dan lain-lain. Jangan luap untuk juga mencatat pemasukan dari mana.

Belanja sesuai kebutuhan

Utamakan kebutuhan dan bukan keingianan. Bila mengikuti keinginan, tidak ada ada habisnya, jadi lebih baik fokus terhada kebutuhan utama atau primer. Agar terhindar dari hidup boros, kamu bisa membuat daftar belanja.

Mulai menabung saham

Dengan menabung saham, kamu bisa secara rutin berinvestasi di pasar modal. Bedanya bila menabung biasa uang kita tidak akan bertambah, tetapi bila menabung saham, uangnya berpotensi bertambah, meskipun bisa juga berkurang.

Itulah keterampilan mengatur uang yang dapat dipraktikkan oleh para mahasiswa di kos atau tidak sampai kehabisan uang di akhir bulan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*