3 Jenis Buku yang Wajib Dibaca Saat Menyusun Skripsi

Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat menyusun skripsi, tidak jarang kita mengalami kebingungan serta keraguan dalam menuliskan bab demi babnya. Hal ini bisa jadi karena kita kurang percaya diri serta kurang literasi. Tidak jarang pula dosen pembimbing kita menyarankan untuk membaca bahwa memilliki buku yang dapat mendukung penulisan skripsi kita.

Memang dosen pembimbing tidak menyarankan untuk membeli, tetapi bisa jadi kita akan sering membaca serta membolak balik halaman demi halaman buku-buku tersebut agar bisa menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang ada.

BACA JUGA:

Nah, tiga jenis buku yang sering dibutuhkan saat menyusun skripsi antara lain:

Buku metode penelitian

Buku metode penelitian ini berfungsi sebagai dasar teori kita dalam melakukan sebuah penelitian. Contohnya kita butuh teori yang menyatakan bahwa pada penelitian kuantitatif boleh dilakukan penelitian tanpa adanya sebuah masalah, tetapi cukup dengan alasan bahwa penelitian itu menarik dan unik serta novelty.

Buku yang berhubungan dengan topik penelitian

Buku ini akan sangat berguna untuk memperkaya topik dan pembahasan penelitianmu. Misalnya saat kamu akan meneliti tentang pembangunan suatu wilayah sangat bergantung dengan berkompetensi  pemimpinnya, maka kamu membutuhkan buku tentang pembangunan wilayah atau sejenisnya.

Buku yang berhubungan dengan analisis penelitian

Yang ketiga adalah buku tentang analisis atau cara atau pengujian yang akan kita lakukan dalam penelitian skripsi nantinya. Contohnya adalah saat kamu menggunakan analisis A  berarti kita harus mempunyai buku yang membahas tentang analisis A.

Itulah tiga jenis buku yang sebaiknya dimiliki saat kita menyusun  skripsi. Kamu sudah punya yang mana untuk persiapan menyusun skripsi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*