Inilah Manfaat Serta Jenis Tidur Siang, Pelajar dan Mahasiswa Harus Tahu

Sharing for Empowerment

Agar suasana hati kembali baik, kita bisa meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang. Tidur siang sejenak bisa mengusir rasa lelah sekaligus kantuk yang ada.

Lebih cepat tanggap dan otak berfungsi lebih optimal

Tubuh yang kelelahan pasti membuat kita lebih lambat dalam menanggapi sesuatu, baik itu berpikir maupun bergerak. Agar otak kembali berfungsi secara optimal, seperti menerima informasi lebih bak dan mengingat lebih tajam, kita bisa tidur siang.

Di samping itu, tidur siang juga membuat tubuh dan otak kita jadi lebih tanggap.

Berdasarkan tiga manfaat tidur siang di atas, maka istirahat siang dapat dibagi menjadi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Recovery nap. Sesuai dengan namanya, jenis tidur siang yang ini dapat membantu memulihkan dirimu dari kurang tidur di malam hari misalnya. 
  • Prophylactic nap. Tidur siang jenis yang ini dipakukan sebagai persiapan jika kamu punya aktivitas yang membuat kurang tidur, misalnya bekerja shift malam.
  • Appetitive nap. Jenis tidur siang ini bertujuan untuk membuat kita rileks, suasana hati lebih baik, dan berenergi di saat bangun tidur.
  • Fulfillment nap. Ini merupakan jenis tidur siang yang dibutuhkan bayi dan anak-anak yang  kebutuhan tidurnya lebih banyak daripada orang dewasa.
  • Essential nap. Tidur siang jenis ini merupakan jenis yang dibutuhkan orang orang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan.

Itulah manfaat penting dari tidur siang berserta jenisnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*