Fenomena Langka pada 24 Juni 2022, Enam Planet akan Berada di Posisi Sejajar

Fenomena planet sejajar atau konjungsi sektet. (Ist.)
Fenomena planet sejajar atau konjungsi sektet. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Fenomena langka bakal terjadi pada Jumat, 24 Juni 2022. Lima planet berurutan akan berada sejajar.

Fenomena ini merupakan salah satu fenomena langka yang hanya terjadi setiap 18-19 tahun sekali.

Sebelumnya, fenomena ini pernah terjadi pada tahun 2004. Kesempatan yang sama kemungkinan akan kembali terjadi pada 2041 mendatang.

BACA JUGA:

Saat fenomena ini terjadi, ada lima planet yang berada dalam urutan yang sama pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari. Kelima planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Dalam dunia astronomis, fenomena planet sejajar ini dikenal sebagai konjungsi sektet.

Dikutip dari situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena yang disebut sebagai parade langit ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia saat waktu subuh sampai dengan 24 menit sebelum matahari terbit. Pengamatan dapat disesuaikan dengan waktu subuh per daerah.

“Waktu subuh di masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya, sekitar jam setengah 5 sampai jam setengah 6,” kata peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*