Selain Slide Presentasi,Ini Persiapan Mental Sebelum Sidang Skripsi

ilustrasi: Sidang skripsi secara daring. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menyusun skripsi yang penuh perjuangan  muaranya adalah sidang skripsi untuk mempertahankan hasil penelitian yang telah kamu lakukan. Tidak hanya persiapan material, dalam hal ini konten ujian atau konten skripsi, persiapan mental juga perlu dilakukan agar kamu tidak grogi saat sidang skripsi.

Persiapan mental ini penting agar kamu percaya diri dan tidak sampai membuat kesalahan jawab saat berdiri di hadapan para dosen penguji. Inilah beberapa persiapan mental yang harus disiapkan.

BACA JUGA:

Banyak berdiskusi dan ungkapkan perasaanmu

Jangan sendirian menjalang sidang skripsi. Setidaknya dekatlah dengan teman seperjuangan atau teman yang juga akan menempuh sidang skripsi pada periode yang yang denganmu saat ini. ungkapkan kekhawatiranmu dan perasaanmu yang lain pada kawan-kawanmu tersebut agar bisa saling support.

Hindari memendam ketakutan atau kekhawatiran menjelang sidang ini karena hal tersebut dapat membuatmu tidak siap menghadapi sidang.

Jaga kondisi fisik

Menjaga kondisi fisik yang prima sangat penting menjelang sidang skripsi. Bila kesehatan  terganggu, kita bisa mengalami grogi saat berhadapan dengan penguji




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*