Harus Bicara di Depan Umum? Jangan Panik Ini Trik Public Speaking

Soft Skill yang Harus Dilatih
Ilustrasi: Soft Skill yang Harus Dilatih
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berbicara di depan umum atau biasa disebut dengan public speaking telah menjadi kebutuhan dan banyak diminta para pemberi pekerjaan. Public speaking menjadi sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh banyak orang.

Agar tidak demam panggung atau keringat dingin saat harus berbicara di depan banyak orang, inilah trik yang harus dikuasai. Simak, ya.

BACA JUGA:

Pahami dasarnya

Memahami dasar-dasar publick speaking merupakan hal yang sangat penting. Kita harus paham mengenai nada, intonasi, gestur tubuh, dan lain-lain saat berbicara di depan umum.

Pahami dan jangan dihafal

Pahami materi-materi yang akan disampaikan atau dipresentasikan. Jangan hafalan. Saat kamu memahami materi yang akan disampaikan, kamu akan lancara berbicara di depan orang lain.

Kenali audiens

Mengenali audiens adalah trik yang penting. Sampaikan materi yang sama untuk anak-anak, remaj, maupun dewasa. Tujuannya adalah untuk melatih tata bahasa agar lebih mudah dipahami oleh audies. Dengan mengenali audiens, kita juga bisa mengurangi rasa grogi yang biasanya muncul.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*