Mengenal Fungsi dan Komponen Darah dalam Tubuh Kita

Sharing for Empowerment

Sel darah merah tidak memiliki inti sel dan mengandung hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang mengandung zat besi. Hemoglobin berfungsi mengikat oksigen dan karbondioksida dalam darah.

Sel ini berumur 120 hari, dan setelah sel darah merah mati maka akan membentuk sel darah merah yang baru dengan bahan zat besi yang diperoleh melalui pelepasan hemoglobin dari sel darah merah saat di limpa dan diolah di hati untuk dijadikan zat warna empedu.

Sel darah putih (leukosit)

Meskipun namanya putih, sel darah putih ini tidak berwarna putih melainkan jernih. Sel ini diberi nama sel darah putih supaya dapat membedakan dengan sel darah merah. Sel darah putih memiliki bentuk yang tidak teratur.

Bila sel darah merah hanya bisa mengalir di dalam pembuluh darah, sel darah putih dapat memlih mengalir di dalam pembuluh darah atau keluar pembuluh darah. Hal ini agar sel daarah putih dapat menjalankan dungsinya dengan maksimal. Fungsi utama dari sel darah putih adalah sebagai pertahanan atau menjaga tuubh dari kuman-kuman yang masuk agar terhindar dari penyakit.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*