Mengenal Fungsi dan Komponen Darah dalam Tubuh Kita

Peringatan Hemofilia Sedunia
Ilustrasi: laboratorium darah (doc. KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Darah merupakan cairan yang ada di dalam tubuh kita. Hampir setiap anggota badan dan organ tubuh kita dialiri oleh darah. Dengan darah, anggota badan kita akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang telah diolah. Sehingga darah juga bisa diartikan sebagai alat transportasi atau alat pengangkutan yang paling utama dalam tubuh kita.

Setiap organ tubuh kita memiliki fungsinya masing-masing, demikian juga dengan darah. Berikut ini fungsi darah yang harus kita ketahui:

BACA JUGA:

  1. Mengangkut sari-sari makanan dari usus dan disalurkan ke seluruh tubuh.
  2. Mengangkut oksigen dari paru-paru lalu dialirkan ke seluruh tubuh dan juga mengambil karbondioksida dari seluruh  tubuh untuk dibawa ke paru-paru.
  3. Mengalirkan sisa-sisa metabolism sel untu dibuang di ginjal.
  4. Menjaga kestabilan tubuh. Suhu tubuh manusia normal berkisar 36-37 derajat Celsius. Suhu tubuh  manusia tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Dengan adanya darah yang stabil, maka suhu tubuh akan tetap stabil. Cara yang dilakukan untuk menjaga suhu tubuh manusia adalah melakukan penyebaran energi panas dalam tubuh secara merata.
  5. Mengalirkan hormon dari pusat produksi hormone ke tempat tujuannya yang ada di dalam tubuh.
  6. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Darah mempunya komposisi yang terdiri dari 45% sel-sel darah dan 55% cairan darah atau plasma. Dengan komposisi yang sesuai darah dapat melakukan fungsi-fungsinya dengan maksimal.

Sel-sel darah pada manusia terdiri dari tiga macam. Yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Dalam sel-sel darah, kandungan sel darah putih dan keeping sebanyak 1%, sedangkan sel darah merah sebanyak 99%.

Sel darah merah (eritrosit)          

Sel darah merah yang berjumlah 99% dalam darah merupakan alasan yang membuat darah berwarna merah. Terdapat kira-kira 5 juta sel per millimeter kubik darah dan ini merupakan jumlah yang normal.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*