Mau Skripsian Sekarang? Lakukan Persiapan Wajib Sebelum Mulai Berikut Ini

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak terasa kita hampir sampai di penghujung perjuangan kuliah. Tinggal selangkah lagi kita akan menyandang gelar impian dan menjadi kebanggaan orang tua dan semua kerabat. Satu langkah terakhir ini adalah menyusun skripsi. Tenang, jangan panik! Skripsian tidak semengerikan itu, kok.

Saat kita sudah berada di semester yang banyak, kita akan mendapati banyak pertanyaan kapan wisuda dari keluarga, belum lagi beberapa teman sudah mulai bimbingan juga, teori sudah mau habis tetapi masih harus bayar uang kuliah, belum lagi kuliah online yang rasanya membuat tidak fokus, dan lain-lain. Maka sudah saatnya kamu mulai memikirkan serta melakukan persiapan skripsian.

BACA JUGA:

Bila kamu akan masuk proses skripsian, tetapi masih bingung bagaimana persiapan yang harus dilakukan, maka lanjutkan membaca tulisan ini hingga selesai. Inilah persiapan yang harus dilakukan saat baru mulai skripsian. Cekidot!

  1. Membiasakan diri membaca karya tulis ilmiah, artikel jurnal atau skripsi yang berhubungan dengan jurusan kamu.
  2. Kamu harus mulai mencari tahu contoh judul skripsi yang sesuai dengan jurusan kamu. Langkah ini fungsinya adalah ahar kam tidak salah membuat judul skripsi. Jangan sampai saat kamu membuat judul ternyata itu untuj jurusan lain.
  3. Persiapan yang ketiga adalah harus mulai belajara mencari artikel jurnal secara daring.
  4. Kamu juga harus mulai kenal dengan analisis data yang biasa digunkaan di dalam skripsi jurusan kamu. Bisa juga kamu membaca skripsi dari kakak tingkat.
  5. Persiapan berikutnya adalah kamu harus mulai berani menyampaikan pendapat. Cara ini berfungsi saat nanti kamu diskusi bimbingan dengan dosen pembimbing.
  6. Langkah persiapan keenam adalah mulai mencari tahu tentang minat kamu yang sebenarnya pada mata kuliah apa dan topik apa. Pastikan kamu menguasai mata kuliah tersebut. Mata kuliah yang dikuasai merupakan calon topik skripsi.
  7. Persiapan skripsian yang terakhir adalah harus mulai mempunyai gambaran tentang judul skripsi yang akan diteliti.

Demikianlah tujuh hal persiapan skripsian yang dapat kamu lakukan mulai dari sekarang. Semangat, ya!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*