7 Jenis Overthinking yang Sering Melanda Remaja dan Cara Mengatasinya

Sharing for Empowerment

Bila mempunyai overthinking jenis ini, solusi yang dapat kamu lakukan adalah mengubah mindset. Melakukan kesalahan adalah sesuatu yang wajar, yang terpenting adalah tidak mengulanginya lagi di masa depan. Maafkan dirimu, maafkan masa lalumu.

Memikirkan gembaran besar

Maksudnya adalah selalu mempertanyakan hal-hal seperti: apa tujuan hidupku, sebenarnya apa sih passionku, apakah aku berada dalam hubungan pacaran yang benar, dan pertanyaan-pertanyaan besar lainnya. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu tidak salah tetapi bisa membuat kita terjebak dalam sebuah lingkaran overthinking.

Solusinya adalah fokus pada apa yang bisa kontrol saat ini yakni tindakan dan pikiran kita.

Membaca pikiran orang

Selalu mencoba memprediksi apa yang dipikirkan orang lain akan membuat kita berputar-putar dalam overthinking serta asumsi-asumsi yang belum tentu benar. Cara mengatasinya adalah bersikap secara nyata. Kita bukan pesulap atau cenayang. Lebih baik bertanya daripada menebak-nebak pikiran orang.

Sulit membuat keputusan

Tidak bisa membuat sebuah keputusan, bahkan keputusan kecil seperti memilih mau makan apa, atau akan memakai baju yang mana untuk ke kampus hari ini juga menjadi jenis overthinking yang bisa melanda remaja. Cara mengatasinya adalah berhenti menjadi seorang yang perfeksionis. Karena tidak ada satu pun keputusan sempurna di muka bumi ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*