Mager Baca Textbook? Baca Tip Baca Buku Bahasa Inggris Ini

Ilustrasi: Siswa di negara ASEAN harus kuasai bahasa Inggris. (KalderaNews.com/Ist.)
Belajar bahasa Inggris (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Membaca referensi kuliah memang kadang bikin mengantuk. Apalagi bila referensi tersebut berbahasa Inggris. Membaca buku yang menggunakan bahasa Indonesia saja mager apalagi harus membaca English Textbook.

Inilah tip membaca buku bahasa Inggris yang harus kita pahami sebagai pelajar dan mahasiswa agar tidak mager serta alergi bila bertemu dengan textbook.

BACA JUGA:

  1. Mulai dari yang mudah. Untuk membangkitkan minat membaca literatur bahasa Inggris kamu bisa membaca buku anak-anak. Bila kamu telah terbiasa, secara perlahan kamu dapat meningkatkan bahan bacaanmu itu.
  2. Kata asing. Bila saat membaca kamu menemukan kata-kata sulit, jangan langsung membuka kamus. Biasakan menebak terlebih dahulu makna kata tersebut berdasarkan konteks kalimatnya (context clues) daripada langsung membuka kamus.
  3. Buka kamus. Tip ketiga ini sepertinya bertentangan dengan tip kedua, ya. Namun, sebenarnyatidak. Kamu dapat membuka kamus bila kata tersebut muncul beberapa kali dalam chapter  yang kamu baca atau bila kamu benar-benar tidak paham dengan makna kalimat yang mengandung kata sulit tersebut.
  4. Cari definisi dalam bahasa Inggris. Cara ini akan efektif untuk memperkaya pengetahuan dan vocabulary bahasa Inggrismu. Sebelum mentranslate, pahami dulu sebisa mungkin definisi atau sinonim dalam bahasa Inggris.
  5. Jangan lupa dicatat. Bila kamu merasa kesulitan mengingat definisi kata sulit atau yang tidak umum tersebut, jangan lupa untuk mencatatnya. Dengan mencatat, kamu dapat mengingat dan memahami lebih baik lagi. Selain itu, bila di kemudian hari muncul lagi istilah tersebut, kamu sudah tidak lagi kebingungan.

Itulah lima tip baca buku bahasa Inggris agar kita tidak lagi mager. Tip ini berlaku juga untuk bahasa asing lain, ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*