Indonesia Kaya Terumbu Karang, Inilah 10 Manfaatnya Bagi Kita

Sharing for Empowerment
  1. Sebagai pelindung pesisir dan pantai. Energi ombak yang datang dari laut menuju dartan akan mejadi kecil dengan adanya terumbu karang.
  2. Ekosistem yang menunjang kehidupan. Terumbu karang mejadi tempat organisme biota laut bertahan hidup. Ia memiliki manfaat yang cukup vital bagi kehidupan ikan. Hal ini yang menjadi alasan terumbu karang ini menjadi ekosistem yang menunjang kehidupan.
  3. Sebagai media bibit budidaya. Coral reefs dapat dimanfaatkan sebagai mata pencaharian karena bisa menjadi tempat budidaya rumput laut dan teripang. Sebagai media bibit budidaya, hal ini dapat bermanfaat membantu ekonomi masyarakat sekitar.
  4. Sarana untuk rekreasi. Pesona keindahan terumbu karang dapat membuat siapa saja kagum. Terlebih bari mereka yang suka beraktivitas diving maupun snorkeling.
  5. Sebagai bahan baku obat dan kosmetik. Berbagai jenis alga biasa digunakan untu bahan pembungkus kapsul obat. Selain dijadikan kapsul obat, alga bermanfaat sebagai antiradang, antibiotika, dan antikanker.
  6. Sumber keanekaragaman genetik dan spesies. Jika dibandingkan dengan ekosistemm laut lainnya, terumbu karang memiliki biodiversitas yang sangat tinggi. hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terumbu karang menjadi tempat bagi banyak spesies maupun genetik. Keanekaragaman spesies akan membuat jenis biota makin banyak dimanfaatkan.
  7. Mengurangi pemanasan global. Laut bisa menjadi media yang mampu menyerap gas karbondioksida. Batuan karang akan bersinergi dengan dengan reaksi kimia, sama seperti hutan. Sinergi tersebut mengubah karbon dioksida menjadi zat kapur bahan baku terumbu karang itu sendiri.proses ini dinamakan klasifikasi.
  8. Sarana untuk kegiatan pendidikan dan penelitian. Mengenal ekosistem di kawasan pesisir pantai, mengenal hewan laut dan tumbuhan bawah laut menjadi beberapa kegiatan pendidikan yang biasa dilakukan.
  9. Sebagai bahan bau perhiasan dan industri. Terumbu karang sebagai terumbu karang yang sangat keras dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan aksesoris dan perhiasan dengan nilai ekonomi tinggi.
  10. Sumber perikanan yang tinggi. terumbu karang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi ikan-ikan karang berharga mahal

Kekayaan laut Indonesia memang harus terus dijaga bersama untuk kelestarian lingkungan dan biota laut.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*