5 Juni Hari Lingkungan Hidup, Milenial Harus Paham 5 Macam Pencemaran di Sekitar

Sharing for Empowerment

Pencemaran suara ini dapat diakibatkan oleh suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan. Tingkat kebisingan terjadi bila intensitas bunyi melampaui 70 desibel (dB).

Pencemaran air

Merupakan masuknya benda asing ke dalam suatu wiayah peraiaran dan menurunkan kualitas air di wilayah perairan tersebut. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan warna. Pencemaran air ini menjadi masalah global, karena tidak sedikit manusia yang sekarang kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih.

Pencemaran tanah

Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri. Jenis bahan yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah adalah bahan kimia, mikroorganisme, dan bahan radioaktif. Semua bahan-bahan tersebut apabila masuk ke air akan turut mencemari tanah.

Pencemaran radiasi

Yakni masuknya bahan bersifat radioaktif yang memiliki kekuatan radiasi melampaui nilai ambang batas yang telah ditentukan. Tidak hanya itu saja, pencemaran radiasi juga dapat disebabkan oleh radiasi panas yang melebihi temperatur normal di suatu lingkungan.Biasanya, pencemaran radiasi ini disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*