5 Juni Hari Lingkungan Hidup, Milenial Harus Paham 5 Macam Pencemaran di Sekitar

Sharing for Empowerment

Pencemaran lingkungan dikelompokkan menjadi lima macam, yakni pencemaran udara, pencemaran suara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran radiasi.

Pencemaran udara

Secara umum pencemaran udara atau polusi udara dapat disebabkan oleh dua jenit polutan yakni polutan primer dan sekunder. Polutan primer merupakan jenis polutan yang langsung dari suatu proses atau substandi pencemar yang ditimbulkan secara langsung oleh sumber pencemarnya. Contoh polutan primer ini adalah sulfur dioksida yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik serta karbon dioksida dan karbon monoksida hasil pembakaran.

Sedangkan polutan sekunder merupakan jenis polutan yang dihasilkan oleh adanya interaksi dari beberapa polutan primer di atmosfer seperti reaksi foto kimia. Contoh polutan sekunder ini adalah disosiasi NO2 yang menghasilkan NO dan O.

Pencemaran suara

Pencemaran suara atau kebisingan terjadi di suatu lingkungan yang melebihi nilai ambang batas yang ditentukan pada suatu lingkungan tersebut. Pengaruh kebisingan pada kesehatan manusia ditentukan oleh tingkat (kerasnya suara), jarak, dan intensitas kebisingan dari sumbernya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*