Yakin Kamu Sudah Dewasa? Cek Dulu Tanda Dewasa Secara Psikologis Ini

Ilustrasi: Kenali Penyebab Rasa Bosan Belajar. (Ist.)
Ilustrasi: Kenali Penyebab Rasa Bosan dan Gabut saat Belajar. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pepatah atau ungkapan ‘menjadi tua itu pasti, tetapi menjadi dewasa adalah pilihan’ pasti sering kita dengar. Sebab yang dikatakan dewasa tidak hanya ditentukan oleh umur saja. Ada yang umurnya telah banyak tetapi belum bisa dikatakan dewasa secara mental.

Terdapat aspek-aspek lain yang perlu dilihat juga apakah seseorang telah cukup dewasa atau belum, contohnya adalah aspek emosional. Inilah tanda-tanda orang dewasa secara psikologis menurut Gordon Allport (1961) yang harus kita tahu.

BACA JUGA:

Punya kematangan emosi

Punya kematanga emosi maksudnya adalah kiat sudah bisa mengontrol emosi dan hati-hati dalam bertindak bisa sedang emosi, serta tahu apa saja yang dapat terjadi bila sedang emosi. Secara singkat mereka memahami risiko dari segala tindakan yang mungkin muncul karena emosi.

Bisa menerima dirinya secara utuh

Tanda dewasa yang kedua adalah sudah bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Mereka juga sudah bisa enerima segala kekuarangan dan kenyataan-kenyataan dalam hidup dan masa lalu mereka yang mungkin tidak enak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*