Tertarik Kuliah S-1 Kebidanan? Inilah  Mata Kuliah yang Akan Kamu Pelajari

Ilustrasi: Seorang bidan (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Seorang bidan (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi bidan merupakan profesi yang mulia karena ia bertugas mendampingi seorang ibu dalam melahirkan. Menjadi bidan dapat ditempuh sala satunya dengan kuliah S-1 Kebidanan.

Untuk belajar di S-1 Kebidanan, kamu harus menempuh di perguruan tinggi yang menyediakan program studi ini. Inilah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di program studi ini.

BACA JUGA:

Anatomi

Perlu Kamu tahu, anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur atau bagian tubuh manusia. Seorang mahasiswa kebidanan akan mendapat mata kuliah ini dengan tujuan untuk bisa mengenal dan memahami struktur tubuh manusia

Biokimia

Mata kuliah Kebidanan S1 selanjutnya adalah tentang biokimia. Kamu akan mempelajari beberapa aspek kimia dalam tubuh manusia, seperti enzim, fungsi protein, metabolism, karbohidrat, dan lain sebagainya.

Etika Umum

Berikutnya, untuk bisa menjadi seorang bidan profesional, Kamu juga harus belajar mengenai etika umum terkait dengan profesi bidan. Kamu memerlukan mata kuliah ini untuk memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan etika yang berlaku.

Fisiologi

Sebagai calon bidan Kamu juga harus mengetahui fungsi sel dan jaringan dalam tubuh manusia. Maka dari itu penting untuk Kamu mempelajari mata kuliah Kebidanan S1 yang satu ini.

Konsep dan Pelayanan Kebidanan

Agar nantinya Kamu bisa memberikan pelayanan kesehatan dengan tepat dan baik, Kamu butuh mata kuliah yang satu ini. Nantinya saat Kamu terjun langsung ke lapangan untuk praktek, Kamu tidak akan merasa bingung lagi bagaimana cara memberikan pelayanan kepada pasien.

Asuhan Kebidanan

Di mata kuliah ini Kamu akan belajar berbagai hal yang menyangkut kehamilan, tumbuh kembang bayi, persalinan, dan lainnya.

Dokumentasi Kebidanan

Kamu akan belajar cara pencatatan dan pelaporan pelayanan kebidanan yang dilakukan oleh seorang bidan dalam mata kuliah ini. Pencatatan yang dilakukan tidak boleh sembarangan, ada beberapa prosedur yang harus diikuti agar pencatatan lebih mudah dipahami.

Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme atau parasit yang berpotensi mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

Dasar-dasar Obstetri dan Ginekologi

Bagi  Kamu yang belum mengerti apa itu obstetri dan ginekologi, jadi obstetri adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang kehamilan dan persalinan, sedangkan ginekologi mempelajari penyakit pada sistem reproduksi wanita.

Pelayanan KB

Mata kuliah Kebidanan S1 yang terakhir adalah Pelayanan KB. Tak hanya belajar mengenai kehamilan dan persalinan, seorang mahasiswa kebidanan juga mempelajari pelayanan KB. Hal ini merupakan salah satu fasilitator dalam urusan ini.

Itulah sepuluh mata kuliah yang akan kamu pelajari bila kamu berminat menjadi bidan dan kuliah di program S-1 Kebidanan. Yuk, semangat belajar yuk untuk jadi bidan perofesional.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*