Kamu Ekstrovert? Ini 10 Cara Belajar Efektif buat Kamu

Belajar dan bersosialisasi bersama teman. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar adalah sebuah kebutuhan bagi para pelajar dan mahasiswa. Di usia kita ini, belajar bukan lagi hal yang musti disuruh-suruh seperti saat kita kecil, kan. Cara belajar kita tentu saja tidak ada sama.

Beragam tip belajar efektif telah banyak diulas di www.kalderanews.com , tetapi bila kamu merasa mempunyai jiwa ekstrovert, maka caa belajar ini harus kamu tahu. Yuk, simak yuk!

BACA JUGA:

  1. Diskusikan materi yang dipelajari dengan teman. Setelah belajar, kamu dapat mengajak temanmu berdiskusi. Cara ini akan membuat kamu makin paham dengan materi yang dipelajari.
  2. Ajarkan materi yang sudah dipelajari pada orang lain. Kamu dapat mengulang materi yang telah kamu pelajari pada temanmu yang belum paham. Cara ini membuatmu makin mengerti serta temanmu pun juga akan paham.
  3. Cari suasana baru yang nyaman pada saat belajar. Suasana yang baru dapat membuat belajarmu lebih menyenangkan.
  4. Gunakan instrument musik atau ambients sound pada saat belajar. Cara ini dapat membantumu lebih fokus.
  5. Gunakan metode belajar learning  by doing (belajar sambil mempraktikkannya. Misalnya kamu mempelajari hitungan, kamu bisa sekaligus mencoba mengerjakan soal latihan.
  6. Prioritaskan waktu belajar pada siang hari. Hal ini untuk menjaga agar energimu masih tetap prima saat siang hari sehingga kamu akan makin memahami materi.
  7. Belajarlah dengan orang yang kepribadiannya mirip. Sesama orang ekstrovert, tentu akan mempunyai kebiasaan belajar yang mirip. Mereka dapat dijadikan support system  belajar yang andalan buatmu.
  8. Tonton video pembelajarn yang interaktif. Untuk seorang yang ekstrovert, cara ini dapat membuatmu makin paham.
  9. Gunakan aplikasi tertentu agar bisa tetap fokus belajar.
  10. Jaga mood belajar dengan cara bertemu keluarga atau kerabat terdekat. Dengan bertemu mereka, bila mood kamu sempat turun atau tidak baik, bisa menjadi kembali menyala.

Itulah sepuluh cara belajar efektif bila kamu mempunyai kepribadian ekstrovert. Mana cara belajar efektif yang biasa kamu lakukan selama ini?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*