Mengenal Hukum Hooke, Hukum dalam Fisika tentang Elastisitas

Sharing for Empowerment

Percobaan untuk mengamati hubungan antara perubahan yang terjadi di antara benda elastis dan gaya yang diberikan kepada benda tersebut dilakukan oleh Robert Hooke, seorang ilmuwan yang lahir di Freshwater, Isle of Wight, Inggris.

Dari percobaannya itu, Hooke menemukan sebuah hukum tentang hubungan antara gaya dan perubahan gaya pegas yang sekarang dikenal dengan hukum Hooke ini. Besar gaya Hooke tersebut secara proporsional akan berbanding lurus dengan jarak pergerakan pegas di posisi awal.

Penjelasan mengenai hukum Hooke tersebut dapat digambarkan menjadi sebuah rumus: F = -kx. Dengan F yakni gaya dengan satuan Newton, k adalah konstanta pegas dengan satuan newton per meter, dan x adalah jarak pergerakan pegas dari posisi normal dengan satuan meter.

Kemampuan sebuah benda untuk kembali lagi ke bentuk semua saat gaya luar diberikan padabenda itu dihilangkan. Apabila sebuah haya diberikan pada sebuah benda yang elastis, maka bentuk dari benda tersebut akan berubah. Untuk karet dan pegas, yang dimaksdu dengan perubahan bentuk adalah pertambahan panjang dari kedua benda tersebut. Benda-benda yang bersifat elastis juga mempunyai batas elastisitas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*