Ingin Jadi Perawat? Inilah Informasi Jurusan Ilmu Keperawatan yang Harus Kamu Tahu

Sharing for Empowerment

Kuliah jurusan keperawatan juga akan membahas sejarah paradigma, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, serta beberapa teori keperawatan. Mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis dan memiliki keterampilan dasar dalam memenuhi kebutuhan pasien.

Beberapa sub topik penting dalam jurusan Keperawatan juga perlu dikuasai. Sebut saja Keperawatn Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas (melahirkan), Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas atau Masyarakat. Ada juga mata kuliah Keperawatan Kritis dan Gawat Darurat untuk menangani pasien agar terhindar dari kecacatan yang mungkin dialami.

Sistem pembelajaran Jurusan Keperawatan terbagi menjadi 3, yaitu: lecture atau penjelasan oleh dosen, praktikum, dan group discussion. Group discussion adalah sesi diskusi antar kelompok untuk membahas penyakit yang sering dialami pasien di rumah sakit.

Jurusan Keperawatan sendiri hanya bisa dimasuki oleh siswa lulusan SMA/SMK. Jenjang pendidikan Keperawatan bermacam-macam mulai dari D-3, D-4, S-1, S-2, sampai S-3. Khusus S-1, nanti perlu melanjutkan pendidikan profesi Ners selama 1 tahun. Biaya kuliah jurusan Keperawtan yaitu Rp8 juta Rp13 juta per semester.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*