10 Mei Hari Lupus Sedunia, Begini Sejarahnya

Hari Lupus Sedunia (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia atau World Lupus Day. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit autoimun yang diderita oleh kurang lebih lima juta orang di seluruh dunia.

Hari Lupus Sedunia diinisiasi oleh Lupus Canada pada tahun 2004. Idenya berawal dari agar masyarakat makin sadar terhadap penyakit yang saat itu masih jarang diketahui orang. Kurangnya informasi mengenai penyakit lupus tentus aja dapat berdampak buruk pada penderita dan keluarganya.

BACA JUGA:

Awalnya Hari Lupus Sedunia ini diselenggarakan oleh Komunitas Lupus di 13 negara. Mereka meminta pemerintah menambah dana penelitian, menyedikan perawatan pasien yang lebih baik, dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Lupus ini.

Sejak saat itu Hari Lupus Sedunia diperingati oleh banyak negara  dan banyak selebriti dunia yang memberikan kontribusi besar untuk kampanye penyakit lupus ini.

Lupus sendiri merupakan penyakit sistem kekebalan tubuh. Penderitanya mengalami kehilangan kemampuan untuk mengenali perbedaan antara substansi asing dengan sel dan jaringan tubuh sendiri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*