10 Cara Belajar Efektif untuk Kamu Kaum Introvert

Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar menjadi kebutuhan setiap pelajar dan mahasiswa. Dengan belajar rajin kita dapat mencapai tujuan sekolah atau kuliah dengan baik. Sayangnya, kadang belajar kita kurang afektif sehingga hasilnya juga kurang optimal.

Cara belajar memang harus disesuaikan dengan kepribadian kita. Bila kamu merasa sebagai pribadi yang introvert, maka kamu harus tahu cara belajar efektif berikut ini. Cekidot!

BACA JUGA:

  1. Perbanyak belajar dengan cara membaca dan menulis. Cara ini efektif untuk membuat kamu tetap ingat dengan materi yang sedang dipelajari.
  2. Usahakan suasana belajar sepi dan tenang. Suasana yang bising atau berisik pasti akan mengganggu fokus belajarmu.
  3. Cobalah untuk belajar di perpustakaan. Perpustakaan terkenal sebagai tempat yang tenang dan hening, sehingga tepat untuk dipakai belajar.
  4. Belajar dengan orang yang mempunyai kepribadian sama atau mirip. Dengan mereka kamu akan lebih nyaman dan dapat meneyrap materi denagn optimal.
  5. Jangan sungkan bertanya bila tidak mengerti materi yang sedang dipelajari.
  6. Prioritaskan waktu belajar di malam hari. Malam hari biasanya lebih tenang dan tidak banyak gangguan baik dari lingkungan sekitar maupun dari media sosial dan media komunikasi digital.
  7. Beranikan diri untuk learning by doing. Bagaimana pun, learning by doing tetap menjadi sebuah metode belajar yang efektif.
  8. Gunakan kreativitas yang maksimal dalam belajar. Hal ini akan merangsangmu untuk tetap aktif belajar.
  9. Hindari diskusi yang kurang penting dan yang dapat mengganggu konsentrasi. Diskusi yang berlarut akan menghabiskan energy yang semestinya bisa dipakai untuk belajar.
  10. Usahakan memilih kelompok atau kelas yang jumlahnya paling sedikit. Cara ini akan efektif untuk membuatmu tetap fokus belajar.

Sepuluh cara belajar tersebut di atas dapat kamu coba jika kamu merasa sebagai orang yang introvert. Semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*