Inilah 11 Tradisi Idulfitri Sebelum Pandemi, Akankah Kembali Tahun Ini

Sharing for Empowerment

THR dan angpao

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan sejumlah uang yang diberikan perusahaan kepada karyawan menjelang Idulfitri. Biasanya dalam aturan seminggu sebelum hari raya. Besaran THR ini telah diatur pemerintah melalui Undang-Undang Tenaga Kerja.

Selain pemerintah dan perusahaan, masyarakat juga memiliki tradisi membagikan amplop berisi uang kepada anak-anak. Momen ini selalu dinantikan anak-anak. Uang angpao yang dibeirkan pada anak-anak ini satuannya mulai dari Rp 2000 hingga tak terhingga sesuai dengan kemampuan masing-masing pemberi.

Baju baru

Tradisi ini menjadi tradisi yang luas di kalangan masyarakat Indonesia. Pusat perbelanjaan akan ramai dengan pengunjung yang ingin membeli baju baru. Mereka berburu baju baru karena biasanya toko-toko banyak memberikan diskon atau promo.

Ziarah makam

Ziarah makam menjadi hal wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di hari Idulfitri. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah salat Idulfitri atau di hari pertama Lebaran. Orang-orang akan mendatangi makam dan berdoa bagi keluarga dan kerabat atau saudara yang telah meninggal dunia. Tradisi ini juga dilakukan menjelang Ramadan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*