Inilah 11 Tradisi Idulfitri Sebelum Pandemi, Akankah Kembali Tahun Ini

Sharing for Empowerment

Takbir keliling

Hari kemenangan selalu disambut dengan kumandang takbir. Biasanya para pemuda akan turun ke jalan dan berkeliling baik menggunakan mobil terbuka ataupun berjalan kaki.

Menabuh bedug

Kumandang taknir akan selalu diiringi dengan tabuhan bedug yang menggema di sepanjang jalan. Tabuhan bedug ini akan menambah suasana haru dan gembira.

Suara takbir akan terdengar muali dari malam takbiran hingga pagi hari Idulfitri. Hampir semua masjib menabuh bedug dengan diiringi gema takbir, tanda hari kemenangan telah tiba.

Ketupat

Makanan ini khas Lebaran. Rasanya Idupfitri tidak akan lengkap tanpa ketupat. Makanan terbuat dari beras yang dibungkus daun kelapa muda ini biasanya disajikan bersama opor ayam, rendang daging, semur daging, sambel goreng ati, kerupuk udang, dan pelengkap yang lain.

Ketupat mungkin disajikan dengan cara yang berbeda-beda, tetapi makanan ini telah menjadi tradisi Idulfitri wajib yang selalu dihidangkan.

Salim kirim makanan

Saling mengantar makanan atau berkirim makanan menjadi trasidi Idulfitri juga. Hantaran makanan ditujukan bagi saudara, keluarga, dan kolega atau bahkan mereka yang kurang beruntung. Tradisi ini mengajarkan kita untuk selalu berbagi dan menjali silaturahmi dengan kerabat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*