Sebelum Berlibur, Intip Dulu Yuk Tip Berikut Ini Supaya Liburannya Happy

Ilustrasi: Tip Liburan Happy (Ist)
Ilustrasi: Tip Liburan Happy (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Musim liburan Idul Fitri biasanya lebih lama dari masa liburan lainnya, karena ada tradisi mudik bagi orang yang tinggal di kawasan perkotaan menuju kampung halamannya.

Makanya tidak heran momen libur lebaran yang lumayan panjang seringkali dimanfaatkan orang untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Berikut ini ada tip penting bagi kalian yang tidak mudik tapi ingin liburan, dan akan sangat berguna yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

BACA JUGA:

Biasakan melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum liburan.

Sebelum pergi berlibur, setiap orang sudah pasti menentukan tujuan. Untuk memastikan bahwa tempat yang ingin didatangi itu sesuai dengan ekspektasi dan kebuthan, maka lakukan survei melalui melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Selain itu, dengan melakukan survei kita bisa mulai menghitung kisaran uang yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat destinasi.  

Biasakan juga melakukan reservasi dari jauh-jauh hari

Setelah melakukan survei dan sudah menentukan tempat tujuan, lantas setelah itu kita bisa lakukan pemesanan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi.

Biasanya, jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, kita akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah.   

Baiknya liburan dilakukan diluar musim liburan untuk menghemat pengeluaran

Karena kebanyakan di tempat wisata, harga pada saat musim liburan akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa. Namun, pada musim liburan Idul Fitri dan momennya hanya sesekali, mungkin tip yang ini bisa diabaikan saja. Sebab yang terpenting adalah menikmati momen liburan bersama keluarga.

Sediakan selalu uang tunai

Selalu bawa uang tunai selama berlibur, selain akan sangat menyulitkan untuk mencari mesin anjungan tunai, hal ini bisa juga dilakukan untuk lebih mengontrol pengeluaran selama liburan.

Jangan lupakan catatlah pengeluaran selama liburan

Usahakan pengeluaran selama liburan harus dicatat sedetil mungkin, supaya kita mengetahui secara jelas uang digunakan untuk keperluan apa saja dan supaya momen liburan yang menyenagkan bisa terkontrol dengan baik.

Cermat dalam berbelanja

Orang kalau sedang liburan, biasanya terkesan menghamburkan uang dan berfoya-foya dengan membeli barang-barang yang terkadang tidak terlalu penting.

Hal ini amat sering terjadi pada siapa saja. Padahal liburan yang seharusnya menjadi momen bersenang-senang dengan keluarga, namun perilaku sulit mengerem nafsu belanja, akhirnya menguras pos dana yang lain.

Bijaklah mengatur cash flow keuangan selama liburan, agar momen berlibur yang sejatinya untuk bersenang-senang tersebut masih dapat di kontrol dengan baik. dan juga saat musim liburan berakhir, pos dana yang lain masih tersedia. Sehingga momen liburan menjadi kegiatan yang membuat happy.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*