Merasa Socially Awkward? Ini 10 Tanda yang Harus Kamu Kenali

Para pelajar SMA di Singapura
Ilustrasi: Para pelajar SMA beinteraksi sosial (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comSocially awkward merupakan perasaan yang dialami oleh seseorang ketika ia percaya bahwa keinginannya untuk diterima oleh orang lain terancam saat berada dalam situasi tertentu. Secara awam, orang yang disebut socially awkward ini disebut canggung dalam sebuah pergaulan.

Bila kamu juga merasa sebagai seorang yang socially awkward, pastikan dulu dengan 10 tanda berikut ini.

BACA JUGA:

Cemas dan rasa canggung yang intens dalam lingkungan sosial

Rasa cemas dan canggung yang dirasakan cenderung lebih intens ketika berhadapan dengan  orang asing atau berada di keramaian.

Gagal memahami dan mengenali norma sosial

Tanda socially awkward yang kedua adalah kamu biasanya tidak bisa mengenali dan memahami normal sosial karena terlalu sibuk berpikir tentang pandangan orang terhadap dirimu. Kebiasaan dalam hidup bermasyarakat cenderung dapat terabaikan.

Sering dihindari

Tanda berikutnya adalah kamu kesulitan dalam berinteraksi dan berbincang dengan orang lain, dan ini membuatmu cenderung dihindari karena orang lain pun jadi merasa canggung juga ketika mengobrol.

Tidak mudah menjalin hubungan ‘Spesial’ dalam kehidupan nyata

Kamu akan merasa lebih nyaman berteman atau menjalin hubungan dengan orang yang berada jauh dengan kamu atau dari media daring. Ini karena denganbegitu kamu tidak perlu memikirkan cara bersikap di depannya, dan tidak memerlukan kontak mata atau gestur.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*