Ingin Lulus UTBK SBMPTN Saintek? Ini Triknya

Ilustrasi: Persiapan menghadapi UTBK-SBMPTN 2020. (Ist.)
Ilustrasi: Persiapan menghadapi UTBK-SBMPTN 2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di perguruan tinggi idaman adalah mimpi seluruh lulusan SMA dan SMK. Apalagi bila jurusan saintek impian itu ada di sebuah perguruan tinggi negeri yang cara masuknya harus ditempuh melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan TInggi Negeri (SBMPTN ).

Banyak berlatih merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar bisa lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Meskipun jenis soal dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda, untuk lulus SBMPTN Saintek ini diperlukan strategi dan tip yang jitu.

BACA JUGA:

Ini trik lulus SBMPTN Saintek yang harus kamu ketahui.

Siapkan mental

Mental yang kuat adalah kunci keberhasilan pertama. Banyak orang yang overthinking dengan SBMPTN ini dan malah tidak belajar dengan baik. Fokus dengan apa yang ingin kamu raih dan jangan memikirkan berlebihan apa yang tidak terlihat di depan mata.

Membuat target bersama

Buat target belajar. Kategorikan mata pelajaran yang belum kamu pahami dengan baik dan tambahkan porsi belajarnya. Namun, jangan sampai lupa juga mengasah mata pelajaran lain, ya.

Pahami konsep

Pahami konsepnya, jangan hafalan saja. Dengan cara ini kamu dapat mengerjakan soal dengan baik. Soal SBMPTN memerlukan logika dan nalar, bukan hafalan.

Perbanyak latihan soal dan tryout

Tip lulusn SBMPTN saintek berikutnya adalah perbanyak latihan soal dan mengikuti try out. Kedua cara ini dapat melatih kamu simulasi menghadapi ujian yang sebenarnya.  Kamu dapat mengetahui progresmu dalam belajar melalui cara ini.

Dengan mengikuti try out, kamu akan lebih memahami soal ujian dan terbiasa dengan suasana ujian. Setelah try out keluar, kamu dapat mengetahui seberapa dekat skor try out dengan skor rata-rata yang lulus SBMPTN tahun sebelumnya pada jurusan yang kamu incar.

Istirahat cukup

Menjaga kesehatan menjelang hari-H ujian sangatlah penting. Kesehatan fisik dan mental harus seimbang. Pastikan kamu mengonsmsi makanan yang sehat derta vitamin untuk menjaga stamina tubuh yang sedang diforsir untuk belajar. Olahraga dan tidur yang cukup juga diperlukan untuk menjaga tubuh tetap prima dan siap menghadapi UTBK SBMPTN saintek.

Itulah tip lulus SBMPTN yang harus kamu pahami sebelum hari H. Jangan lupa berdoa juga, ya, agar ujianmu lancar dan sukses.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*