Habis Hiruk-Pikuk Asesmen Nasional Ada Rapor Pendidikan, Apaan Sih Itu Ya?

Sharing for Empowerment

Sedangkan yang cakap adalah murid yang sudah mampu membuat interpretasi dari informasi implisit dalam teks, dan mampu membuat kesimpulan dari hasil integrasi beberapa informasi dalam suatu teks.

Selanjutnya murid yang kemampuannya paling atas atau mahir adalah murid yang mampu mengintegrasikan beberapa informasi lintas teks, mampu mengevaluasi isi kualitas cara penulisan suatu teks, dan bersikap reflektif terhadap isi teks.

“Murid dikatakan mencapai kompetensi minimum untuk literasi membaca maupun numerasi, kalau dia sudah berada pada level cakap dan mahir,” katanya.

Jadi, kalau melihat pencapaian kompetensi minimum pada literasi anak sudah memahami informasi baik yang tersurat maupun tersirat, itu dapat dikatakan bahwa anak tersebut sudah mencapai kompetensi minimum untuk literasi membaca.

Sedangkan untuk level kompetensi numerasi paling bawah atau perlu intervensi khusus, yaitu murid hanya memiliki pengetahuan matematika yang terbatas dan juga murid menunjukkan penguasaan konsep yang masih parsial. ”Hasil AKM itu sudah bisa dilihat di Rapor Pendidikan. Inilah yang perlu menjadi perhatian satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk perbaikan kualitas pembelajaran ke depan,” katanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*