Anak Gaul Kudu Paham, Perbedaan Cuaca dan Iklim

Hujan di Kota Jakarta
Hujan di Kota Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah cuaca memang telah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Saat bepergian atau ingin mengadakan sebuah acara outdoor , kita pasti akan memperhatikan cuaca. Sebenarnya, apakah cuaca dan apa bedanya dengan iklim?

Cuaca dapat berubah-ubah dalam waktu singkat yaitu hanya beberapa jam saja dan ditandai dengan perbedaan siang serta malam. Cuaca terjadi karena perbedaan suhu dan kelembapan udara yang terjadi antara suatu tempat dengan tempat lainnya.

BACA JUGA:

Sehingga dapat dikatakan cuaca adalah kondisi atau keadaan udaya yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Ilmu yang digunakan untuk mempelajarai tentang cuaca adalah meteorologi. Di Indonesia terdapat lembaga yang khusus mengamati cuaca yaitu Badan Meteorologi., Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang berpusat di Jakarta.

BMKG bertugas untuk mencatat dan mengamati aktivitas udara, yang meliputi suhu dan tekanan udara, curah hujan, angina serta aktivitas awan. Selain berpusat di Jakarta, BMKG juga memiliki stasiun-stasiun pemantau cuaca yang tersebat di seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan iklim adalah kondisi atau keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim sendiri ditentukan berdasarkan perhitungan waktu yang biasanya mencapai 11 hingga 30 tahun.

Iklim pada suatu daerah dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi wilayah tersebut, yang artinya perbedaan iklim pada suatu daerah dipengaruhi oleh posisi relatif matahari terhadap daerah tersebut di planet bumi.

Matahari merupaka sumber energy sekaligus pengendali iklim bagi bumi, sehingga posisi relatif matahari bisa menimbulkan gerak udara dan arus laut.

Contoh cuaca dalam kehidupan sehari-hari adalah cuaca pagi hari di Bandung hujan dan cuaca pada sore hari diperkirakan cerah, sedangkan cuaca siang hari di Jakarta mendung, tetapi tiba-tiba cuaca menjadi panas.

Sedangkan contoh iklim dalam kehidupan sehari hari adalah adanya perbedaan iklim tropis dan subtropis Indonesia dan negara yang berada di garis lintang khatulistiwa memiliki iklim tropis. Negara dengan iklim subtropis seperti Jepang dan Korea Selatan terdapat musim salju.

Itulah perbedaan cuaca dan iklim dan contohnya. Kamu bisa mengecek cuaca di hari kamu akan pergi dengan menggunakan gawaimu di fitur cuaca. Biasanya fitur ini adalah fitur bawaan pabrik, jadi tida perlu install.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*