Paradigma Pembelajaran Efektif Menuju Manusia Utuh

Sharing for Empowerment

Dan keempat, HOTS (High order Thinking Skills) yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif.

Adapun siklus yang digunakan dalam metode pembelajaran berpola PPR adalah: Pertama, guru perlu memahami konteks peserta didik dan lingkungan sekolah. Konteks akan mempengaruhi pilihan pengalaman dan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan. Jika pembelajaran yang disampaikan oleh guru sesuai dengan konteks, maka siswa akan mudah memahami pelajaran yang disampaikan. Konteks peserta didik meliputi asal, keluarga, budaya,dan kemampuan belajar, sedangkan lingkungan sekolah meliputi suasana belajar, nilai yang diperjuangkan dan persaudaraannya.

Kedua, Guru harus menyediakan pengalaman belajar bagi peserta didik sehingga mereka sungguh mengalami sendiri konstruksi pengetahuannya. Pengalaman belajar ini berkaitan dengan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Pengalaman belajar bagi siswa bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Pengalaman belajar secara langsung berkaitan dengan kegiatan yang dialami secara langsung oleh siswa seperti praktikum, diskusi kelompok dan praktek dengan menggunakan alat peraga. Sedangkan pengalaman belajar tidak langsung terjadi melalui membaca, simulasi, melihat video dan berimajinasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*