Paradigma Pembelajaran Efektif Menuju Manusia Utuh

Sharing for Empowerment

Dan bagian penting lain dari hati nurani ialah kemampuan berbela rasa. Siswa dapat memiliki kepekaan dan berbela rasa serta kepedulian, penuh kasih dan murah hati untuk menolong sesama yang membutuhkan, berjalan dengan orang lain untuk menguatkan mereka, dalam solidaritas dan empati.

Untuk menopang tercapainya manusia yang demikian, pembelajaran berpola PPR menekankan empat (4) point penting. Pertama, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang menitikberatkan pada 5 karakter berikut, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Ke-5 hal ini ditekankan agar karakter siswa dapat semakin berkembang secara utuh.

Kedua, Literasi yang berkaitan dengan keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori, yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis.

Ketiga, Kemampuan 4C (creative, critical thinking, communicative, collaborative), berkaitan dengan Keterampilan abad 21 yang meliputi kemampuan Communication, Collaboration, Critical Thinking, Problem Solving, Creativity dan Innovation.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*