Paradigma Pembelajaran Efektif Menuju Manusia Utuh

Sharing for Empowerment

Pembelajaran PPR merupakan pendekatan yang menekankan pada perkembangan pengetahuan, hati, dan karakter siswa serta bagaimana cara pendidik mendampingi peserta didik agar berkembang menjadi manusia yang utuh. Pembelajaran PPR ini bertujuan agar siswa menjadi manusia bagi sesamanya, yang memiliki ciri 3C yaitu Competence (kompetensi/pengetahuan), Conscience (suara hati), dan Compassion (berbela rasa terhadap orang lain).

Penguasaan kompetensi pengetahuan membuat siswa mampu untuk berpikir secara reflektif, logis, kritis, imajinatif, kreatif, keterampilan dalam menggunakan teknologi, ketrampilan kejuruan, apresiasi seni kreatif, olahraga, dan rekreasi, serta keterampilan komunikasi yang efektif.

Selain pengetahuan, peran hati nurani juga sangat penting. Siswa diharapkan memiliki hati nurani yang dapat membedakan apa yang baik dan buruk dan memiliki keberanian untuk melakukannya, mengambil sikap bila diperlukan, memiliki hasrat akan keadilan sosial dan dapat menjadi pemimpin berpengaruh dalam komunitas atau lingkungan mereka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*