Paradigma Pembelajaran Efektif Menuju Manusia Utuh

Sharing for Empowerment

Guru tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan ide dan gagasannya, apalagi untuk bereksplorasi sendiri. Dengan begitu kegiatan pembelajaran menjadi tidak bermakna, sebab tidak adanya interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Hal ini terjadi karena asumsi dan anggapan bahwa guru sebagai satu-satunya sumber dan pusat informasi dalam belajar. Akibatnya motivasi dan minat siswa untuk belajar semakin menurun. Proses pembelajaran seperti ini masih berlangsung sampai saat ini.

Persekolahan Strada bukan tidak mungkin juga menghadapi tantangan demikian. Namun bukan tidak mungkin juga tantangan itu bisa dijadikan peluang. Sebagai salah satu sekolah swasta, Strada berupaya menemukan dan menerapkan pola pendekatan pembelajaran tersendiri sebagai bentuk terjemahan konkret dari visi Kurikulum 2013.

Maka, dalam upaya menciptakan pembelajaran yang efektif serta melibatkan siswa secara daktif dalam kegiatan pembelajaran, Sekolah Strada menerapkan metode pembelajaran yang berpola Paradigma Pedagogik Reflektif (PPR).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*